Penulis / NIM
ROSMINA TIAH / 421407074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Rosmina Tiah. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-alat Optik Dengan Menggunakan Model PembelajaranCourse Review Horay.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik dengan menggunakan model course review horay. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Keberhasilan dan kegagalan pada siklus I telah diidentifikasi berdasarkan kekurangan – kekurangan dan melakukan perbaikan–perbaikan pada siklus II.
Peneliti telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model course review horayberdasarkan RPP. Hasil penelitian diperoleh bahwa model course review horay memiliki keterlaksanaan dimana pada siklus I ketuntasan siswa 9 dari 21 siswa atau 42,86%, pada siklus II presentase tersebut meningkat menjadi 19 dari 21 atau 90,5% yang dinyatakan tuntas belajar. Dan pada lembar pengamatan guru pada siklus I dari 16 apek yang diamati 6 dari 16 aspek atau 37,5% baik dan 10 aspek atau 62,5% cukup, pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 6 atau 37,5% sangat baik dan 10 atau 62,5% baik. Sama halnya dengan pengamatan siswa siklus I dari 11 aspek yang diamti 3 atau 27,27 baik dan 8 atau 72,73 cukup, dimana pada siklus II 7 atau 63,64 sangat baik dan 4 atau 36,36 baik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model course review horay pada materi alat–alat optik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, di kelas VIII2 SMP N 3 Wonosari.
Kata kunci : Course Review Horay,Hasil Belajar Siswa.
Download berkas