Penulis / NIM
SISKA B. MOINTI / 421407079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Fisika di SMP N 2 Kota Gorontalo Kelas VIII”. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo, 2011. Penelitian ini merupakan studi Penelitian Eksperimen di salah satu SMP di Kota Gorontalo yang bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar pada kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe team quiz yakni sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding, yang diberiperlakuan dengan menggunakan model pembelajaran orang yang terdistribusi dalam dua kelas, yaitu kelas VIII1 dan VIII6 dengan jumlah siswa masing-masing 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain True Experimental Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diolah secara statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis menunjukan bahwa skor rata-rata skor hasil belajar pada kelas eksperimen 61,30 % dan kelas kontrol 56,41%. Berdasarkan pengujian hipotesis juga diperlihatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima.
Kata kunci: Team Quiz, Hasil Belajar
Download berkas