Penulis / NIM
TRIMOKO PAIJO / 421407095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Trimoko Paijo. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan alat pengering rambut buatan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Limboto pada kelas XI jurusan Teknologi Hasil Pertanian tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang mendapat tindakan berjumlah 25 orang. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini kooperatif yang menggunakan alat pengering rambut buatan guru. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru, lembar pengamatan aktifitas siswa,dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dalam bentuk prosesntase yang disajikan melalui tabel grafik untuk menunjukkan kualitas pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Pengelolaan pembelajaran kooperatif yang diamati melalui lembar pengamatan aktifitas guru mengalami peningkatan dari 79,17% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II; (2) Aktifitas siswa mengalami peningkatan dari 75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II; (3) Hasil belajar siswa meningkat dari 36% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif yang menggunakan alat pengering rambut buatan guru dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika khususnya materi kalor.
Download berkas