SKRIPSI

Penulis / NIM
USMAN HIMU / 421407096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Usman Himu. Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang, (suatu penelitian di SMP Negeri 3 Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Dalam penelitian ini dilibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Seluruh siswa kelas VIII (delapan) di SMP Negeri 3 Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling. Setelah penelitian dan data telah diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata skor hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum diberikan tindakan 87,5% untuk aspek pengetahuan, sedangkan kelas kontrol sebesar 86,75%. Untuk aspek pemahaman rata-rata skor hasil belajar pada kelas eksperimen 85,78 % dan kelas kontrol sebesar 44,01%, sedangka aspek penerapan rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen sebesar 72,42% sedangkan kelas kontrol hanya 46,04%. Berdasarkan analisis uji t yang digunakan, menunjukkan bahwa kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 4,044 >2,776 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima) hal ini berarti terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Kata kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011