SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNITA VAN GOBEL / 421407100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Yunita Van Gobel. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan Efektif Menyenangkan) Pada Pembelajaran Konsep Alat-Alat Optik . Penelitian ini merupakan studi Penelitian Tindakan Kelas di salah satu SMP di Kabupaten Gorontalo yang bertujuan untuk melihat apakah dengan menerapkan pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Alat-alat Optik. Yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo yang terdapat dalam 1 kelas. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegiatan guru, siswa serta tes tertulis. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 85% jumlah siswa mendapat skor minimal 70. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan bahwa dari 25 orang siswa yang dikenai tindakan ini ada 18 siswa atau 72% siswa memperoleh nilai minimal 70, sedangkan 8 orang siswa atau 28% memperoleh nilai kurang dari 70. Ini menunjukkan bahwa persentase keberhasilan siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang telah ditetapkan. Untuk itu perlu dilanjutkan ke suklus II. Kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Dan dari hasil pelaksanaan siklus II didapatkan untuk hasil belajar dari 25 orang siswa, ada 24 orang siswa atau 96% memperoleh nilai minimal 70. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran pendekatan PAKEM pada konsep Alat-alat Optik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pulubala pada tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci : Hasil Belajar, PAKEM
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011