Penulis / NIM
TAHIR POMALINGO / 421407113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Tahir Pomalingo, 2016. "Meningkatkan Hasil belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Pada Mata Pelajaran IPA-Terpadu Di SMP Negeri 2 Randangan", Pembimbing I dalam penelitian adalah Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II adalah Supartin, M.Pd
Penelitian tindakan yang dilakukan didasarkan atas kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang dikarenakan, kurang tepatnya pemilihan metode mengajar, sehingga siswa belum dapat memahami materi yang diajarkan dan hasil belajar siswa menjadi rendah atau tidak tuntas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science pada mata pelajaran IPA-Terpadu kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan tahun ajaran 2015-2016. Jumlah siswa dalam penelitian yaitu berjumlah 24 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 11 orang dan 13 orang siswa perempuan. Desain dalam penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan model pembelajaran Children Learning In Science secara umum oleh Driver (dalan Fanshan). Tahapan dalam penelitian terdiri dari lima tahap yaitu tahap orientasi, tahap elistisasi, tahap restrukturisasi, tahap aplikasi, tahap review. Variabel dalam penelitian, mencakup varibel input yang meliputi siswa, guru materi tentang cahaya dan evaluasi. Variabel proses meliputi penerapan model pembelajaram clis dan variabel output meliputi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalan penelitian yaitu menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, pengamatan aktivitas siswa, dan tes untuk hasil belajar. Hasil-hasil dalam penelitian pada siklus I yang mencakup Kegiatan guru pada siklus I diperoleh 75,44% dan disiklus II diperoleh 100%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 57,89% dan disiklus II diperoleh 80,1%. Hasil yang diperoleh siswa pada siklus I, yang mencapai kriteria ketuntasan minimal berjumlah 9 orang siswa dan 15 orang siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan perolehan ketuntasan klasikal sebesar 37.5%. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II yang mencapai kriteria ketuntasan minimal berjumlah 23 orang siswa dan 1 orang siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan ketuntasan klasikal sebesar 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II dengan penerapan model pembelajaran clis, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Terpadu pokok bahasan cahaya.
Kata-kata kunci: Model Children Learning In Science , Hasil Belajar.
Download berkas