Penulis / NIM
ABDUL DJABAR R. SULEMAN / 421408001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
Abdul Djabar R Suleman, 2012,Meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Bunyi Melalui Lesson Study (Suatu Penelitian di MTS Negeri Telaga Biru). Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) mengunakan pendekatan Lesson Study. Pendekatan Leson Study digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan pola pengajaran yang di lakukan oleh guru selama proses pembelajaran dilakukan. Adapun subjek yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas VIII^B Mts Negeri Telaga Biru tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Dari data hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan, 10 orang siswa atau 50%yang mendapat nilai diatas 70 sedangkan 10 orang siswa atau 50% mendapat nilai dibawah 70. Ini berarti bahwa tindakan yang diberikan pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan, 17 orang siswa atau 85% mendapatkan nilai diatas 70 dan 3 orang siswa atau 15% mendapatkan nilai kurang dari 70. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) melalui lesson study pada materi bunyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII^B MTS N Telaga Biru.
Kata kunci : Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Lesson Study.
Download berkas