Penulis / NIM
CUNSAL / 421408009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Cunsal (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode Group Investigation (GI) pada kelas eksperimen dengan kelas yang menggunakan metode kooperatif biasa pada Kelas X SMA 1 Mananggu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 siswa yaitu pada kelas Xa sebagai kelas yang dikenai tindakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Mananggu T.P 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling.
Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar menunjukan bahwa pada kelas eksperimen nilai (X) adalah 7,62 dan pada kelas kontrol (X) adalah 9,96. Dari hasil pengujian hipotesis atau uji t, didapat bahwa harga thitung sebesar -2,34 dan tdaftar sebesar 2,05. Sehingga diperoleh thitung -2,34 < tdaftar 2,05. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Group Investigation (GI) pada kelas eksperimen dengan yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif biasa pada kelas kontrol.
Kata Kunci: Metode Group Investigation (GI), hasil belajar siswa
Download berkas