SKRIPSI

Penulis / NIM
CUNSAL / 421408009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Cunsal (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode Group Investigation (GI) pada kelas eksperimen dengan kelas yang menggunakan metode kooperatif biasa pada Kelas X SMA 1 Mananggu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 siswa yaitu pada kelas Xa sebagai kelas yang dikenai tindakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Mananggu T.P 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar menunjukan bahwa pada kelas eksperimen nilai (X) adalah 7,62 dan pada kelas kontrol (X) adalah 9,96. Dari hasil pengujian hipotesis atau uji t, didapat bahwa harga thitung sebesar -2,34 dan tdaftar sebesar 2,05. Sehingga diperoleh thitung -2,34 < tdaftar 2,05. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Group Investigation (GI) pada kelas eksperimen dengan yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif biasa pada kelas kontrol. Kata Kunci: Metode Group Investigation (GI), hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011