Penulis / NIM
DEWINTA SEGE / 421408014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Dewinta Sege 4214 08 014, Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Materi Perpindahan Kalor (Suatu Penelitian eksperimen di SMP Negeri 6 Gorontalo). Pembimbing I Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
Secara umum tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Secara operasional tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode Mind Mapping dengan siswa yang bukan menggunakan metode Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo yang berjumlah 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini adalah kelas VII11 sebagai kelas yang akan mendapatkan perlakuan dengan metode Mind Mapping, sedangkan kelas VII10 sebagai kelas dengan menggunakan metode ceramah. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara pengujian yang relevan yaitu uji t. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik uji beda dua rat-rata yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan metode Mind Mapping dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada materi Perpindahan Kalor. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan menjadikan metode Mind Mapping sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang berhubungan dengan materi yang masih sulit untuk dimengerti sehingga siswa mampu belajar secara mandiri.
Kata kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar
Download berkas