SKRIPSI

Penulis / NIM
DIDIK HARIONO / 421408015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Didik Hariono. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Fisika Pada Topik Listrik AC-DC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Boliyohuto, dan dua kelas diambil sebagai sampel, penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster rondom sampling. dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes essay. Tes yang diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistik uji Chi Kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung ? ?2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 5.774 ? 11.070 dan untuk kelas kontrol sebesar 4.15823 ? 12,592. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan pengujian normalitas data, selanjutnya pengujian homogenitas varians diuji dengan menggunakan uji barllet dan diperoleh nilai ?2hitung ? ?2tabel yaitu 0,26801 ? 3,841. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis yang diuji dengan menggunakan statistik uji t. dari pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan thitung ? ttabel yaitu 4,5335 ? 1,969. Dari data yang diperoleh menunjukan bahwa ada pengaru yang dihasilkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar. Sedangkan, uji gain menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 72,73% dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 52,57%. Kata Kunci : Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011