Penulis / NIM
FARADILA FOLAIMAM / 421408018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Faradila Folaimam. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Pendekatan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan PAKEM dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 29 orang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, serta tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 48.28% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan. Persentase ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh siswa yang dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 82.76%. Dengan demikian, pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kalor, PAKEM.
Download berkas