Penulis / NIM
FATMAH MOINTI / 421408020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Fatmah Mointi, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, And Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat. (Kelas VII SMP Negeri 6 Satap Mootilango Tahun pelajaran 2012/2013). Skripsi, Gorontalo: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak sesuaian latar belakang pendidikan guru bidang studi dengan mata pelajaran yang harus diberikan khususnya pada mata pelajaran fisika, Model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh dan bosan untuk belajar khususnya mata pelajaran fisika yang mengakibatkan hasil belajar yang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika agar menjadi lebih baik (maksimal) baik secara individu maupun klasikal. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penerapan pembelajaran fisika dengan mengunakan model pembelajaran Think, Talk, and Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Satap Mootilango tahun pelajaran 2012/20113, yang berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Think, Talk, and Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Hal ini didasarkan pada hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, persentase rata-rata capaian setiap siklus yaitu pada siklus 1 sebesar 47.36%, dan siklus 2 sebesar 89.473%. Dengan demikian bahwa penerapan model pembelajaran Think, Talk, and Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Think, Talk, And Write, dan Hasil Belajar
Download berkas