SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAH MOINTI / 421408020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Fatmah Mointi, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, And Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat. (Kelas VII SMP Negeri 6 Satap Mootilango Tahun pelajaran 2012/2013). Skripsi, Gorontalo: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak sesuaian latar belakang pendidikan guru bidang studi dengan mata pelajaran yang harus diberikan khususnya pada mata pelajaran fisika, Model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh dan bosan untuk belajar khususnya mata pelajaran fisika yang mengakibatkan hasil belajar yang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika agar menjadi lebih baik (maksimal) baik secara individu maupun klasikal. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penerapan pembelajaran fisika dengan mengunakan model pembelajaran Think, Talk, and Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Satap Mootilango tahun pelajaran 2012/20113, yang berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Think, Talk, and Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Hal ini didasarkan pada hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, persentase rata-rata capaian setiap siklus yaitu pada siklus 1 sebesar 47.36%, dan siklus 2 sebesar 89.473%. Dengan demikian bahwa penerapan model pembelajaran Think, Talk, and Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Think, Talk, And Write, dan Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011