Penulis / NIM
VERAWATI I. NUAYI / 421408021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Verawati I. Nuayi. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Di SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitriyane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation dan pembelajaran langsung pada materi kalor. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII^1 sebagai kelas eksperimen sedangkan VII^3 sebagai kelas kontrol. Kelas ekperimen merupakan kelas yang menggunakan metode group investigation sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal tes uraian. Data instumen tes dianalisis menggunakan analisis statistic yaitu uji t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai thitung (10,17 ) > t tabel (2,01) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung. Model pembelajaran group investigation sangat baik diterapkan di Sekolah Menengah Pertama khususnya materi kalor.
Kata kunci: Group Investigation, Hasil Belajar
Download berkas