Penulis / NIM
HAIRUDIN T. YALLIE / 421408026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Abstrak
ABSTRAK
Hairudin T. Yallie, Nim. 421408026. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 7E Pada Materi Termodinamika”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat Learning Cycle 7E pada materi termodinamika yang valid. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Dick & Carey. Prosedur penelitian ini dibagi dalam empat, tahap yaitu: (1) tahap pendahuluan, (2) tahap penyusunan produk, (3) tahap validasi produk, dan (4) tahap revisi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi yang diisi oleh tiga validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja siswa, media pembelajaran, dan tes hasil belajar. Rata-rata skor 82,74% untuk penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, 84,72% untuk penilaian bahan ajar, 81,94% untuk penilaian lembar kerja siswa, 86,46% untuk penilaian media pembelajaran, dan 78,43% untuk penilaian tes hasil belajar. Hasil penilaian tersebut menunjukan bahwa produk pengembangan rata-rata berada pada kualifikasi ‘sangat baik’. Semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid apabila berada pada kualifikasi ‘baik’ dan ‘sangat baik’. Dengan demikian kelima perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini disimpulkan ‘valid’.
Kata kunci : Perangkat pembelajaran, Learning Cycle 7E, Termodinamika
Download berkas