Penulis / NIM
HASDIN MAMONTO / 421408028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
HasdinMamonto. 2013.“Analisis RuangKelas Dan Laboratorium Fisika Sebagai Lingkungan Belajar Siswa DalamP embelajaranm Fisika”. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Muhammad Yusuf,S.Si, M.Sidan PembimbingII RaghelYungingerS.Pd, M.Si.
Penelitian ini menggunakanmetodedeskriptifyang dilaksanakan di MAN Model Gorontalo, yang bertujuan untuk mengetahui ruang kelas dan laboratorium fisika sebagai lingkungan belajar siswa dalam pembelajaran fisika.Pengambilan data menggunakan lembar pengamatan dalam bentuk cek list pada ruang kelas dan ruang laboratorium fisika. Ruang kelas berisi 2 item yaitu item perabot dan perlengkapan lain, dan ruang laboratorium fisika berisi 4 item yaitu item perabot, peralatan pendidikan, alat percobaan dan perlengkapan lain.Teknik pengumpulan data Observasi dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan perhitungan sederhana,kemudian disajikan dalam bentuk tabel, persentase dan diagram. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa lingkungan belajar pada ruang kelas menunjukkan kategori baik dan sangat baik dengan persentase sebesar 87,5%. Sedangkan untuk lingkungan belajar pada laboratorium fisika menunjukkan kategori baik dan sangat baik dengan persenta sesebesar 70,27%.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar
Download berkas