Penulis / NIM
HASMA LAAKE / 421408029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Hasma Laake, 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada topik energi dan perubahannya dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL). Skripsi. Pembimbing I Asri Arbie dan Pembimbing II Citron S. Payu
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang laksanakan di SMP Negeri 6 Gorontalo yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada topik energi dan perubahannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapanmodel pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak II siklus pembelajaran, masing-masing siklus terdiri dari: (1) perencanaan tindakan. (2)pelaksanaan tindakan. (3) pemantauan dan eveluasi. (4) analisis dan refleksi. Keberhasilan dan kegagalan pada siklus I telah diidentifikasi berdasarkan kekurangan-kekurangan dan dilakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II. Instrument penelitian berup tes essay, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar kegiatan guru, dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan dan ketercapaian kegiatan pembelajaran menggunakan persentase. Peneliti telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil belajar ini semakin meningkat dari 10 butir soal yang diujikan hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas dari jumlah siswa 38 orang. Dengan demikian penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar siswa dapat dikatakan tuntas.
Kata kunci:Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil belajar siswa
Download berkas