Penulis / NIM
ISKANDAR PATUE / 421408039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Iskandar Patue, 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya Pokok Bahasan Besaran dan Satuan”, Pembimbing I dalam penelitian adalah Pak Asri Arbie dan Pembimbing II adalah Ibu Supartin.
Penelitian tindakan yang dilakukan didasarkan atas kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang dikarenakan, kurang tepatnya pemilihan metode mengajar, sehingga siswa belum dapat memahami materi yang diajarkan dan hasil belajar siswa menjadi rendah atau tidak tuntas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Metode Tutor Sebaya pada mata pelajaran fisika kelas X5 SMA Negeri 1 Telaga tahun ajaran 2012-2013. Jumlah siswa dalam penelitian yaitu berjumlah 29 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 11 orang dan 18 orang siswa perempuan. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Spiral oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan dalam penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel dalam penelitian, mencakup varibel input yang meliputi materi tentang besaran dan satuan, siswa serta guru. Variabel proses meliputi penerapan metode tutor sebaya dan variabel output meliputi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalan penelitian yaitu menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, pengamatan aktivitas siswa, pengamatan keterlaksanaan Metode Tutor Sebaya, dan tes untuk hasil belajar. Hasil-hasil dalam penelitian pada siklus I yang mencakup keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 73,81% dan disiklus II diperoleh 100%. Hasil Kegiatan guru pada siklus I diperoleh 71,67% dan disiklus II diperoleh 100%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 57,89% dan disiklus II diperoleh 80,1%. Hasil penelitian penerapan metode tutor sebaya pada siklus I diperoleh 74,67% dan disiklus II diperoleh 98%. Hasil yang diperoleh siswa pada siklus I, yang mencapai kriteria ketuntasan minimal berjumlah 11 orang siswa dan 18 orang siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan perolehan ketuntasan klasikal sebesar 38%. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II yang mencapai kriteria ketuntasan minimal berjumlah 28 orang siswa dan 1 orang siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,55%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II dengan penerapan metode Tutor Sebaya, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan besaran dan satuan.
Kata-kata kunci: Model Kooperatif, Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar.
Download berkas