Penulis / NIM
MARISKA SUCI RAMAYANTI ANGGU / 421408044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Mariska Suci Ramayanti S. Anggu, 2013. Identifikasi Miskonsepsi pada Siswa dalam Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis (Suatu Penelitian di Kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Pohuwato). Jurusan Fisika Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh : Pembimbing, (1) Muhammad Yusuf dan pembimbing II, Supartin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dalam pembelajaran Fisika materi Listrik Dinamis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri se-Kabupaten Pohuwato yang melibatkan 60 siswa yang tersebar di SMA se-Kabupaten Pohuwato. Instrumen yang digunakan berupa tes pertanyaan yang berjumlah 6 butir pertanyaan yang diedarkan kepada responden yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak siswa mengalami miskonsepsi mengenai konsep listrik dinamis. Hal ini disebabkan kurangnya konsep awal yang dikuasai siswa mengenai konsep listrik sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Sehingga pada saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas siswa tersebut kurang memahami konsep yang diberikan walaupun pada saat proses belajar mengajar telah dijelaskan mengenai konsep listrik dinamis atau kemampuan siswa dalam menerima materi sangat sulit. Selain itu, bahasa yang digunakan guru kadangkala sulit dipahami siswa. Contoh miskonsepsi yang dialami siswa adalah arus listrik merupakan segala macam benda yang dapat menghantarkan listrik.
Kata Kunci : Konsep, Miskonsepsi, Listrik Dinamis.
Download berkas