SKRIPSI

Penulis / NIM
MASLINDA A. BILAHI / 421408046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Maslinda Bilahi. 2013. Pengaruh Penggunaan metode Giving Question and Getting Answers terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Fitryane Lihawa dan Pembimbing II Supartin. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen kelas yang dilaksanakan pada semester genap T.A 2011/2012 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Giving Question and Getting Answers dan yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X2 dan X5 Dalam penelitian ini digunakan desain eksperimen pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan membagi siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Teknik pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan uji statistik. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode Giving Question and Getting Answers dan yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada kelas eksperimen untuk aspek pengetahuan (C1) diperoleh skor 18,16 % dibandingkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata 16,2 %, pemahaman (C2) pada kelas eksperimen diperoleh skor 37 % dibandingkan pada kelas kontrol diperoleh skor 35 %, dan penerapan (C3) pada kelas eksperimen diperoleh skor 41,5 % dibandingkan pada kelas kontrol diperoleh skor 34,8 %. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode Giving Question and Getting Answers memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: Metode Giving Question and Getting Answers, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011