Penulis / NIM
MEI A. HEDIMO / 421408048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Mei A. Hedimo. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Skripsi, Program Studi pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran tipe artikulasi dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalah True experimental design dengan posttest-only group control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling, siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran jigsaw. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal tes uraian. Data instumen tes dianalisis menggunakan analisis statistic yaitu uji t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai thitung (8,09 ) > ttabel (2,002) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran jigsaw pada materi Suhu dan Kalor.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas