Penulis / NIM
MERLIN POMALINGO / 421408050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Merlin Pomalingo. "Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pemantulan Cahaya" (suatu Penelitian di SMP Negeri 4 Sumalata). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo, 2015.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika pada materi pemantulan cahaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sumalata. Metode penelitian yang digunakan adalah True experimental design dengan posttest-only group control design. Pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling, siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal tes uraian. Data instumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai thitung (4,37 ) > ttabel (2,01) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan pemantulan cahaya.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar
Download berkas