Penulis / NIM
NIKMATUL HUSNAH KAMALI / 421408056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Nikmatulhusna Kamali. 2013 Pengaruh model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran fisika (suatu penelitian di SMA N 2 Gorontalo). Pembimbing I Asri Arbie, dan Pembimbing II Citron S. Payu.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA N 2 Gorontalo yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Generatif pada materi gelombang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh model pembelajaran Generatif dapat dilihat dari ada atau tidaknya perbedaan di kelas yang menggunakan model pembelajaran Generatif dengan kelas yang menggunakan model pengajaran Langsung. Dalam penelitian ini dilibatkan dua kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh kelas XII di SMA Negeri 2 Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil dua kelas sebagai sampel yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel eksperimen pada penelitian ini adalah model pembelajaran generative dan variabel respon adalah hasil belajar. Penelitian ini menggunakan instrument tes uraian. Berdasarkan criteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar antara kelas control dan kelas eksperimen. Penggunaan metode uji statistic pada penelitian ini adalah teknik uji anakova dan statistic uji F.
Kata – kata kunci : model pembelajaran generatif, hasil belajar siswa, gelombang.
Download berkas