Penulis / NIM
NUR'AFNI GABRIEL / 421408059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Nur Afni. 2012. Pengaruh Penggunaan media power dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi perpindahan kalor Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si dan Pembimbing II: Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan kelas yang mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada materi perpindahan kalor. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas VII4 dengan jumlah siswa 35 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 dengan jumlah siswa 34 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest- control group design. Pengumpulan data yang digunakan dengan mengunakan instrumet tes. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 5 butir soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat, pengujian homogenitas dan pengujian hipotesis. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Power Point, Perpindahan Kalor
Download berkas