SKRIPSI

Penulis / NIM
NURSILIA HIDANI / 421408063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak

ABSTRAK NURSILIA HIDANI. 2014. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi cahaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen kelas yang dilaksanakan pada semester genap T.A 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Integrasi Model pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen dengan yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan Tidak berbasis Eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan membagi siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Teknik pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan uji statistik. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen dengan kelas yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan Tidak berbasis Eksperimen. Hal ini terlihat dari perbedaan skor hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merekomendasikan agar guru fisika di sekolah dapat menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen sebagai model dan metode pembelajaran disekolah. Kata Kunci: model pembelajaran jigsaw, metode eksperimen, hasil belajar

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011