Penulis / NIM
NURSILIA HIDANI / 421408063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK NURSILIA HIDANI. 2014. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi cahaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen kelas yang dilaksanakan pada semester genap T.A 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Integrasi Model pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen dengan yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan Tidak berbasis Eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan membagi siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Teknik pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan uji statistik. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen dengan kelas yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan Tidak berbasis Eksperimen. Hal ini terlihat dari perbedaan skor hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merekomendasikan agar guru fisika di sekolah dapat menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Eksperimen sebagai model dan metode pembelajaran disekolah. Kata Kunci: model pembelajaran jigsaw, metode eksperimen, hasil belajar
Download berkas