Penulis / NIM
RASDIANA LUTFI / 421408066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Rasdiana Lutfi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Silent Demonstration Berbasis Lesson Study pada Materi Energi dan Usaha. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bolangitang Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi dan usaha dengan menggunakan Metode Silent Demonstration berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang melibatkan tiga orang pengamat. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil tindakan pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini adalah 75% dari jumlah siswa yang dikenakan tindakan dan memperoleh nilai ? 63. Ketuntasan belajar pada siklus I dari 21 siswa yang dikenai tindakan hanya 14 siswa yang tuntas belajar atau 66%, sehingga penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang di peroleh dari evaluasi pada siklus II menunjukkan peningkatan, yaitu dari 21 siswa yang dikenai tindakan terdapat 18 siswa yang tuntas belajar atau 86%. Sehingga penelitian ini di akhiri pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan Metode Silent Demonstration pada mata pelajaran fisika khususnya pada materi energi dan usaha dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Silent Demonstration, Hasil Belajar.
Download berkas