Penulis / NIM
SARTIKA SUMITRO PUHI / 421408071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Sartika S. Puhi. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika unit Perpindahan Kalor. Skripsi, Program Studi pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based intruction dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran group investigation. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling, siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based intruction (PBI) dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran group investigation. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal tes uraian. Data instumen tes dianalisis menggunakan analisis statistic yaitu uji t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai thitung (4.37)>ttabel (2,002) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1diterima. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran problem based intruction dengan yang menerapkan model pembelajaran group investigation.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Intruction, Hasil Belajar Siswa
Download berkas