Penulis / NIM
SULASTRI KOHONGIA / 421408078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Sulastri Kohongia. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang dilaksanakan di MAN Model Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Model Gorontalo yang seluruhnya berjumlah 234 orang. Sampel penelitian adalah 55 siswa, menggunakan metode secara acak atau random sampling. Dalam pengumpulan data digunakan angket untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain; dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai rapor semester I pada pelajaran Fisika. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persamaan Regresi . Hal ini berarti bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu skor kecerdasan emosional, dapat menyebabkan kenaikan (perubahan) skor pada prestasi belajar siswa sebesar 4,837. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fisika dengan koefisien korelasi r = 0,5187 dan koefisien determinasinya r2 = 0,269 atau 26,91%, ini berarti prestasi belajar siswa ditentukan oleh kecerdasan emosional dan sebesar 73,61% ditentukan oleh faktor-faktor lainyang tidak didesain dalam penelitian ini seperti bakat, kecekapan nyata, kematangan, lingkungan budaya, lingkungan spiritual dan lingkungan keagamaan.
Kata kunci :kecerdasan emosional dan prestasi belajar
Download berkas