Penulis / NIM
SUMIATI / 421408079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
Sumiati. Jurusan Fisika. Analisis Kesulitan Siswa dalam menyelesaikan Soal-Soal Fisika di SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari persentase dan letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Gorontalo kelas IX, diambil secara simpel random sampling sebanyak 70 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes esay dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-saol fisika mencapai 76,48% ini masuk dalam kategori tinggi. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan siswa memahami konsep dan kesulitan terhadap kemampuan dasar matematika. Persentase siswa yang mengalami kesulitan pada pemahaman konsep sebesar 72,85% ini termasuk dalam kategori tinggi sedangkan persentase siswa yang mengalami kesulitan pada kemampuan matematis sebesar 86,79% ini termasuk pada kategori sangat tinggi. Dilihat dari hasil persentase, kesulitan yang dialami siswa SMP Negeri 2 Gorontalo lebih dominan pada kurangnya kemampuan matematis. Berdasarkan hasil wawancara, faktor penyebab kesulitan belajar fisika adalah faktor internal yaitu kurangnya motivasi belajar, kurannya konsentrasi belajar dan sikap terhadap belajar. Selain itu, yang menjadi kesulitan siswa dalam belajar fisika adalah penyajian materi tidak disertai dengan praktek, media pembelajaran dan alat peraga, penyajian materi kurang menyenangkan, Pemberian pemahaman tentang pengubahan rumus dari persamaan umum menjadi persamaan operasional masih kurang, ruang kelas yang ribut menyebabkan siswa kurang nyaman dalam menerima materi.
Download berkas