SKRIPSI

Penulis / NIM
VIVIANI DJUTRI / 421408083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Viviani Djutri. 2013. Pengaruh Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Energi Dan Perubahannya. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika, Jurusann Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Asri Arbie dan Pembimbing II Citron S. Payu. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa di SMPN 6 Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point dengan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan LKS. Tujuannya adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan menggunakan media power point dengan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 6 Gorontalo. Pengambilan sampel digunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen tes. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai < yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 7,66 < 12,6 (pretest), 7,72 < 12,6 (posstest) dan untuk kelas kontrol 6,47 < 12,6 (pretest) dan 5,02 < 12,6 (posttest). Data hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media power point dengan hasil belajar siswa menggunakan LKS. Untuk pengujian hipotesis, data hasil belajar siswa diuji dengan menggunakan Uji statistik Anakova. Rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 27,22 sedangkan rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa yang diperoleh pada kelas kontrol sebesar 25,04, dengan selisih dari kedua kelas yang dilakukan tindakan pada pre-test sebesar 4,17% dan pos-test sebesar 6,35%. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Power Point.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011