SKRIPSI

Penulis / NIM
WILMIN MESE / 421408084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Wilmin Mese. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Wujud Zat dan Perubahannya Melalui Metode Eksperimen Dengan Menggunakan KIT IPA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.rer.nat Mohamad Jahja, M.Si dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik wujud zat dan perubahannya melalui metode eksperimen dengan menggunakan KIT IPA. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII6¬ SMP Negeri 1 Batudaa. Jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 25 orang, terdapat 15 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Desain penelitian tindakan kelas ini adalah Model Spiral Kemmis dan Taggart, model ini dipilih karena setiap tahapannya dijelaskan secara sederhana dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, dan tahap refleksi. Variabel dalam penelitian ini yaitu: (1) variabel input adalah konseptual topik wujud zat dan perubahannya, kegiatan siswa dan kegiatan guru; (2) variabel proses adalah penerapan metode eksperimen dengan menggunakan KIT IPA; (3) variabel output adalah hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data selama penelitian ini yaitu: (1) lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran; (2) lembar pengamatan aktivitas guru; (3) lembar pengamatan aktivitas siswa; (4) tes essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa diakhir siklus. Penenlitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, pada siklus I persentase siswa yang tuntas hanya 68% dan siswa yang tidak tuntas 32%, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa memperoleh ketuntasan sebesar 92% sedangkan siswa yang tidak tuntas 8%, sehingga hasil belajar dikatakan meningkat dan mencapai standar ketuntasan. Kata Kunci: Metode Eksperimen dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011