Penulis / NIM
YULINDAWATI MUSTAPA / 421408090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Yulindawati Mustapa. Hubungan Kemampuan Matematika Dasar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA MAN MODEL Gorontalo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan kemampuan matematika dasar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di MAN MODEL Gorontalo. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana model hubungan antara kemampuan matematika dasar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA MAN MAODEL Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN MODEL Gorontalo. Pengambilan sampel digunakan Simple random sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data yang sesuai dengan kepentingan kejelasan maka penulis menggunakan tehnik pengumpulan data melalui Tes Objektif, Dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian data analisis dalam penelitian ini ditemukan hal berikut :. Pengujian normalitas data dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan di peroleh nilai hitung < tabel yaitu untuk kemampuan matematika dasar 9,16 < 9,488 dan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika 8,53 < 9,488. Data hasil penelitian menunjukan bahwa untuk kedua data tersebut dapat terdistribusi dengan normal. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dengan uji koefisien korelsi yang hasilnya menunjukan nilai r = 0,316 dan koefisien determinansi korelasi sebesar 10,041%. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan matematika dasar dengan hasil belajar siswa, yang artinya bahwa 10,041% hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika ditentukan oleh kemampuan matematika dasar.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Matematika Dasar
Download berkas