Penulis / NIM
ZULHAN POTABUGA / 421408095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Zulhan Potabuga. NIM 421 408 095. Analisis Konsepsi Siswa SMA Negeri 2 Kota Gorontalo Pada Materi Hukum Newton Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostik Instrumen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Yosep Paramata, M.Pd dan Ahmad Zainuri S.Pd, M.T.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsepsi siswa SMA Negeri 2 Kota Gorontalo Kelas XI pada materi hukum Newton menggunakan Two-Tier Multiple Diagnostic Instrumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 9 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes pilihan ganda dengan penalaran terbuka atau (Tes Multiple Choice dengan Reasoning terbuka). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator pertama yaitu; mengidentifikasi hukum I newton dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar siswa menguasai konsep hukum newton. Pada indikator kedua yaitu; mengidentifikasi penerapan hukum 2 newton dalam kehidupan sehari-hari, hanya sebagian siswa yang memahami konsep hukum newton. Dalam indikator ketiga yaitu; mengidentifikasi penerapan hukum3 newton dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar siswa memahami konsep hukum newton dan dalam indikator keempat yaitu; menerapkan hukum newton pada gerak benda bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan, sebagian besar siswa memahami. Sedangkan pada indikator kelima yaitu; menerapkan hukum newton pada gerak vertikal dan dan melingkar sebagian besar siswa memahami konsep hukum newton.
Kata Kunci : Analisis, Konsepsi, Hukum Newton, Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrumen.
Download berkas