SKRIPSI

Penulis / NIM
ALI SAAD / 421408096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Ali Saad. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan PAKEM pada Materi Energi Bunyi di Kelas IV SDN 66 Kota Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan PAKEM yang dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I diperoleh 63,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,8%. Hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I diperoleh 61,9 dan siklus II mencapai 90,5%. Siklus I hasil belajar siswa diperoleh daya serap klasikal siswa 69,72 %, rata-rata kelas mencapai 69,72 dan siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas 55,6 %. Sementara pada siklus II yang memperoleh 75 ke atas 88,9 %, rata-rata kelas 85,28 dan daya serap klasikal 85,28 %. Memperhatikan hasil siklus II, maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: PAKEM, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011