Penulis / NIM
YANTI A. PONETA / 421408119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Yanti A. Poneta. 2016. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Riset Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen di salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis riset dengan siswa yang menggunakan metode ceramah. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling, siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis riset dan siswa kelas X7 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pengelolaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (89.70%), aktivitas belajar berpusat pada siswa. Dibandingkan dengan kelas kontrol dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu (78.26%) dan aktivitas belajar berpusat pada guru. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis riset dengan kelas yang menerapkan metode ceramah pada materi Suhu dan Kalor.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Riset, Hasil belajar Siswa
Download berkas