SKRIPSI

Penulis / NIM
IKA SARTIKA HAMZAH / 421408120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstrak
ABSTRAK Ika Sartika Hamzah, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pada Materi Kalor di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.Mursalin,M.Si, Pembimbing II Dr. Masri Kudrat Umar,M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII Dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil tindakan disimpulkan bahwa hasil belajar Fisika pada materi Kalor pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Gorontalo dapat meningkat melalui penggunaan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Hal ini sesuai dengan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu 1). Kualitas pengelolaan pembelajaran mengalamai peningkatan. Pada siklus I, akumulasi kriteria sangat baik dan baik hanya mencapai 40%, dan pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 80%, 2). Aspek aktivitas guru pada siklus I sebesar 36,84%. Angka ini mengalami peningkatan pada siklus II, yakni menjadi 78,98%. 3). Aspek aktivitas belajar siswa pada siklus I hanya memperoleh 22,22%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,77%. 4). Ketuntasan siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86.67%. Sedangkan daya serap siswa, pada siklus I mencapai 73,22%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,83%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar fisika . Kata kunci : Hasil Belajar, Number Head Together, Pembelajaran Kooperatif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011