Penulis / NIM
I MADE AGUS BUDIANTARA / 421409004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
I Made Agus Budiantara. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pemuaian. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis tutor sebaya dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode pada penelitian ini menggunakan true eksperiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo. Menggunakan dua kelas sebagai sampel melalui teknik cluster random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes. Data hasil penelitian diolah secara statistik untuk menguji normalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai X2hitung < X2tabel, sehingga skor pemahaman konsep siswa untuk kedua kelas terdistribusi normal. Berdasarkan pengujian homogenitas data juga diperoleh X2hitung < X2tabel, dengan kata lain varians memiliki data yang homogen. Pada pengujian hipotesis penelitian diperoleh thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis tutor sebaya dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Pemuaian.
Kata kunci: Kooperatif, Tutor Sebaya, Pemahaman Konsep
Download berkas