SKRIPSI

Penulis / NIM
RUDINI LAOH / 421409006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
RUDINI LAOH. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Perpindahan Kalor (Suatu Penelitian di SMA negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2013/2014. Dasar penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran FisikaTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakna model Think-Pair-Share dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional pada materi perpindahan kalor pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa SMA Negeri 4 Gorontalo dan populasi ini ditetapkan kelas X sebagai sampel, yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Penulis bermaksud menguji hipotesis : "Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor yang diajarkan dengan menggunakan metode Think-Pair-Share dengan yang diajarkan menggunkaan pembelajaran konvensional pada kelas X di SMA", dengan menggunakan statistik uji t. Kriteria pengujian adalah : t > t atau 2.650 > 2.004. Dengan kata lain menerima H dan menolak H artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang memnggunakan model Think-pair-share dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, didapat bahwa penggunaan metode think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran fisika nantinya. kata kunci : Think-Pair-Share,Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011