Penulis / NIM
RUDINI LAOH / 421409006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
RUDINI LAOH. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Perpindahan Kalor (Suatu Penelitian di SMA negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2013/2014.
Dasar penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran FisikaTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakna model Think-Pair-Share dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional pada materi perpindahan kalor pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa SMA Negeri 4 Gorontalo dan populasi ini ditetapkan kelas X sebagai sampel, yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol.
Penulis bermaksud menguji hipotesis : "Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor yang diajarkan dengan menggunakan metode Think-Pair-Share dengan yang diajarkan menggunkaan pembelajaran konvensional pada kelas X di SMA", dengan menggunakan statistik uji t. Kriteria pengujian adalah : t > t atau 2.650 > 2.004. Dengan kata lain menerima H dan menolak H artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang memnggunakan model Think-pair-share dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, didapat bahwa penggunaan metode think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran fisika nantinya.
kata kunci : Think-Pair-Share,Hasil Belajar
Download berkas