Penulis / NIM
I KADEK BUDIARTAWAN / 421409007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
I Kadek Budiartawan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Pemahaman Konsep, dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Hukum Ohm dan Hukum Kirchhoff. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran advance organizer dengan siswa yang menggunakan model pengajaran langsung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode true experiment dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Batudaa. Diambil dua kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan variabel terikat dalam penelitian ini yang pertama adalah pemahaman konsep dan yang kedua adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran advance organizer dengan pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pengajaran langsung.
Kata Kunci : Advance Organizer, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis
Download berkas