Penulis / NIM
RIPKA SRI AGUSTINA / 421409008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Ripka Sri Agustina, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Madrasah Aliyah Negeri Batudaa. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran fisika di kelas XB Man Batudaa Kecamatan Batudaa. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan disekolah MAN batudaa dan berlangsung dalam 2 siklus. Pada siklus I menunjukan ketuntasan klasikal mencapai 48% sedangkan pada siklus II meningkat lagi dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 89%. Hasil belajar siswa ini menunjukan bahwa penggunaan model pembejaran inkuiri secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dengan materi suhu dan kalor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model inkuiri pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan agar hendaknya model pembelajaran inkuiri ini dijadikan sebagai salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan pemahaman siswa dalam belajar.
Kata Kunci :
Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Inkuiri
Download berkas