SKRIPSI

Penulis / NIM
LIS FEBRIANI YUNUS / 421409016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Lis Febriani Yunus 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada MateriAlat-alat Optik (suatu penelitian di kelas VIII SMP Negeri 1 Pulubala). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran numbered head together dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif stad pada mata pelajaran Fisika materi Alat-alat optik kelas VIII SMP Negeri 1 Pulubala. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan posstest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Pulubala T.P 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster randomsampling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar.Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa X2hitung X2tabel yaitu hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan numbered head together sebesar 4,8092 < 11,070 dan untuk hasil belajar yang menggunakan kooperatif stad sebesar 2,1625 < 11,070. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. menunjukan bahwa thitung> ttabel yaitu 3,396 > 2.02. hal ini berarti bahwa hasil pengujian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran numbered head together dan yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif stad . demikian pula skor rata-rata kemajaun hasil belajar siswa dibelajarkan dengan menggunalkan model numbered head together lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif stad pada materi alat-alat optik kelas VIII SMP Negeri 1 Pulubala. Kata kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together,Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011