Penulis / NIM
RIZAT MARDANA / 421409018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Rizat Mardana, 2014. Deskripsi motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Pakem di SMP di Kota Gorontalo Pada Materi Bunyi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni bagaimanakah motivasi siswa dengan menggunakan pakem dalam pembelajaran sains pada materi bunyi di SMP di kota Gorontalo.Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada semester genap T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa yang terlihat pada pembelajaran sains melalui pendekatan pakem di SMP di kota Gorontalo pada materi bunyi. Untuk memperoleh data yang diingkan dan sesuai dengan kepentingan pembahasan, maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sains cukup tinggi, hal ini terlihat dari persentase rata-rata dari tiap sekolah sebesar 81.33% untuk SMPN 1 Gorontalo, SMPN 2 Gorontalo sebesar 80.85% dan untuk SMPN 13 Gorontalo Sebesar 82.23%. Untuk tiap indikator dapat dilihat ]: indikator durasi waktu belajar dengan presentase rata-rata 82.1%,indikator prilaku terhadap belajar dengan presentase rata-rata 82,37%, indikator frekuensi belajar dengan presentase rata-rata 78,95%, indikator loyalitas dalam pembelajaran dengan presentase rata-rata 80,79%, indikator rasa ingin tahu dan penasaran yang tinggi dengan presentase rata-rata 81,15%, indikator Tingkatan Kualifikasi prestasi / produk yang dicapai dengan presentase rata-rata 83,18%, dan indikator adanya lingkungan yang kondusif dengan presentase rata-rata 81,91%.
Kata Kunci: motivasi belajar siswa , pembelajaran sains, pendekatan pakem
ABSTRACT
Mardana,Rizat 2014. Motivation Description of Student Learning Approach In Learning Science Through Pakem in junior high school in the city of Gorontalo to Content Beep. issues raised in this study namely how students' motivation in learning science using the grip on the material at the junior high school in the city sounds Gorontalo.penelitian is a quantitative descriptive study conducted in the second semester of FY 2012/2013. This study aims to describe students' motivation is seen on approach to learning science through the grip in junior high school in the city of Gorontalo to the sound material. To obtain data for desired and in accordance with the interests of the discussion, the authors used data collection techniques such as questionnaires (questionnaire) and documentation. Based on the results of research and discussion shows that the picture of student motivation in science learning is quite high, it is seen from the average percentage of each school was 81.33% for SMPN1 Gorontalo, SMPN 2 Gorontalo was 80.85% and for SMP 13 Gorontalo much as 82.23% . For each indicator can be seen,: the indicator study duration with an average percentage of 82.1%, an indicator of attitude toward learning with an average percentage of 82.37%, the frequency of learning indicators with an average percentage of 78.95%, an indicator of loyalty in learning with an average percentage of 80.79%, an indicator of curiosity and curious high with an average percentage of 81.15%, Qualification Level indicator achievements / products achieved with an average percentage of 83.18%, and an indicator of environmental Favorable with an average percentage of 81.91%.
Keywords: student motivation, learning science, approaches pakem
Download berkas