Penulis / NIM
IRMAYANTI SYAMSUDIN HADER UMURA / 421409022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Irmayanti S.H Umura. 2014. "Pengaruh Penerapan Metode College Ball Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis". Skiripsi, Program Studi Fisika, jurusan Fisika, Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Pembimbing II Supartin, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA Negeri 1 Bokat Kab. Buol. mengkaji tentang pembelajaran dengan menggunakan "Metode College Ball" yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Metode College Ball dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran Kooperatif dengan metode diskusi. Seluruh siswa kelas X yang berjumlah 4 kelas menjadi populasi penelitian ini, kemudian ditentukan 2 kelas untuk menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan instrument tes objektif. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan statistik Uji Lielifors dan diperoleh nilai L0 â Ldaftar yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,135 â 0,161 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,165 â 0,173. Data hasil uji satistik menunjukan bahwa kedua kelas tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, pengujian hipotesis diuji secara statistik dengan menggunakan statistik uji t. dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan diperoleh thitung â ttabel yaitu 5,38 â 2,00 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima) dan H0 ditolak, hal ini menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Metode College Ball dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan Kooperatif dengan metode diskusi . Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan Metode College Ball dan kelas yang menggunakan pembelajaran Kooperatif dengan metode diskusi.
Kata Kunci : Metode College Ball. Hasil Belajar Siswa
Download berkas