Penulis / NIM
IRMAWATI PANNA / 421409027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMP N 1 Sangkub yang meneliti tentang pemahaman konsep siswa pada materi kalor dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sangkub. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan instrumen tes esai. Dari hasil pengolahan data pemahaman konsep diperoleh selisih skor untuk tiap indikator pemahaman konsep yaitu untuk aspek translasi sebesar 1,44%, aspek interpretasi sebesar 0,02% dan aspek ekstrapolasi sebesar 1,08%. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan mengunakan teknik statistik parametrik. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan selisih skor sebesar 1,498%. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2.837 > 2.021 yang berarti menerima hipotesis H1. Demikian terdapat perbedaan antara model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Problem Solving.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep Siswa.
Download berkas