SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI PRAMITA SARI / 421409030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK DEWI PRAMITA SARI. 2014. Pengaruh pemberian reward terhadap motivasibelajar siswa pada mata pelajaran fisika (suatu penelitian di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika , Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs Asri Arbie, M.si dan Pembimbing II Tirtawaty abdjul, S.Pd,M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo, yang mengkaji tentang motivasi belajar siswa dengan menggunakan pemberian reward pada mata pelajaran IPA-Fisika Topik Gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara motivasi belajar pada kelas yang menggunakan pemberian reward dengan motivasi belajar siswa pada kelas yang hanya menggunakan model pembelajar kooperatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo pada semester Genap tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas kelas VII1 dan kelas VII2 dengan jumlah siswa setiap kelas 35 siswa jadi jumlah siswa dari kedua kelas adalah 70 siswa. Penarikan sampel ini menggunakan Cluster Random Sampling. Kedua kelas diberikan angket sebanyak dua kali, yaitu sebelum perlakuan dan setelah perlakuandiperoleh nilai rata-rata kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen adalah 55.73 dan rata-rata kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol adalah 18.42. Secara statistik untuk mengetahui sejauh mana skor kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan pemberian reward dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran kooperatif, di uji dengan menggunakan teknik uji statistik parametrik dengan statistik uji t. Hasil uji t, di peroleh nilai thitung=20.7 untuk 0.05 di peroleh nilai ttabel 2.00. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan trima H1. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu " terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar pada kelas yang menggunakan pemberian reward dengan kelas yang hanya menggunakan pemberian model pembelajaran kooperatif. Kata kunci : reward, motivasi belajar, dan model pembelajaran kooperatif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011