Penulis / NIM
DEWI PRAMITA SARI / 421409030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
DEWI PRAMITA SARI. 2014. Pengaruh pemberian reward terhadap
motivasibelajar siswa pada mata pelajaran fisika (suatu penelitian di kelas VII
SMP Negeri 4 Kota Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika ,
Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs Asri Arbie, M.si dan
Pembimbing II Tirtawaty abdjul, S.Pd,M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri
4 Kota Gorontalo, yang mengkaji tentang motivasi belajar siswa dengan
menggunakan pemberian reward pada mata pelajaran IPA-Fisika Topik Gerak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara motivasi belajar pada
kelas yang menggunakan pemberian reward dengan motivasi belajar siswa pada
kelas yang hanya menggunakan model pembelajar kooperatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo pada
semester Genap tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah kelas kelas VII1 dan kelas VII2 dengan jumlah siswa setiap
kelas 35 siswa jadi jumlah siswa dari kedua kelas adalah 70 siswa. Penarikan
sampel ini menggunakan Cluster Random Sampling. Kedua kelas diberikan
angket sebanyak dua kali, yaitu sebelum perlakuan dan setelah perlakuandiperoleh
nilai rata-rata kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol, dimana pada kelas eksperimen adalah 55.73 dan rata-rata kemajuan
motivasi belajar siswa pada kelas kontrol adalah 18.42. Secara statistik untuk
mengetahui sejauh mana skor kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas yang
menggunakan pemberian reward dengan kelas yang hanya menggunakan model
pembelajaran kooperatif, di uji dengan menggunakan teknik uji statistik
parametrik dengan statistik uji t. Hasil uji t, di peroleh nilai thitung=20.7 untuk
0.05 di peroleh nilai ttabel 2.00. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan trima
H1. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu " terdapat
perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar pada kelas yang menggunakan
pemberian reward dengan kelas yang hanya menggunakan pemberian model
pembelajaran kooperatif.
Kata kunci : reward, motivasi belajar, dan model pembelajaran kooperatif
Download berkas