Penulis / NIM
LISNAWATI TAUHID / 421409031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Lisnawati Tauhid. Deskripsi Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui
Pendekatan PAKEM pada Pembelajaran Sains Materi Bunyi (Suatu Penelitian di SMP Negeri 5 Gorontalo). Skripsi.Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan PAKEM pada pembelajaran sains materi bunyi di SMP Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif
Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi ini diambil 1 kelas sebagai sampel, kemudian diterapkan pendekatan PAKEM. Kelas VIIIC terpilih sebagai kelas untuk diamati yang diajar dengan menggunakan Pendekatan PAKEM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dapat
meningkatkan aktivitas guru dan siswa, di sisi lain kualitas pembelajaran
khususnya pada materi bunyi dapat meningkat. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu siswa yang tuntas sebanyak 93,33%. Pengamatan kegiatan guru dan siswa dari pertemuan I sampai pertemuan III semakin meningkat dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas guru
maupun siswa. Dimana semakin tinggi aktivitas siswa dalam pembelajaran maka semakin tinggi hasil belajar siswa.
Kata kunci: Aktivitas siswa, Pendekatan PAKEM, Bunyi dan Hasil belajar
Download berkas