Penulis / NIM
SUSANTI / 421409032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Susanti.2013.“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Integrasi Model Pembelajaran Concept SentenceDan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Fisika”. Pembimbang I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan pembimbing II Citron S Payu, S.Pd, M.Pd. permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa yang tidak mencapai standar ketuntasan minimal yang diharapkan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang hasil belajarnya masih dibawah setandar ketuntasan yang diharapkan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah:Jika Dalam Pembelajaran Fisika Diterapkan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Metode Eksperimen Maka Hasil Belajar Siswa Akan Meningkat.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan diSMA Muhammadiyah Batudaa pada Kelas X2, dengan jumlah siswa 20 orang siswa, terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan istrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan pada siklus I persentase siswa yang tuntas 40% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan, persentase ini menunjukkan bahwa penelitian pada siklus I belum berhasil , oleh karena itu penelitian dilanjutkan pada siklus II aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 20 seluruh siswa yang dikenai 16 orang siswa yang memiliki ketuntasan sebesar 80%. Dengan demikian penggunaan integrasi model pembelajaran Concept Sentencedengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci:, Model Concept Sentence,Metode Eksperimen, Hasil Belajar.
Download berkas