SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIYANI GOBEL / 421409035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK Indriyani Gobel. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya. (Suatu Penelitian eksperimen di MTs Negeri Tolondadu, Kab. Bolaang Mongondow Selatan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis metode eksperimen dan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri Tolondadu yang terdiri dari 2 kelas. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang di tentukan secara acak. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen maupun kelas kontrol masing-masing satu kali yaitu pree-test dan satu kali post-test. Data hasil penelitian diolah secara statistik untuk menguji normalitasnya dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung < ?2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 6,279 < 11,07 dan untuk kelas kontol sebesar 6,013 < 11,07. Hal ini berarti bahwa data untuk kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan pengujian normalitas data, maka skor rata-rata hasil belajar siswa dihitung dengan statistik uji t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yakni 4,419 > 1,999, dengan kata lain menolak H0 dan menerima H1. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Metode Eksperimen, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011