SKRIPSI

Penulis / NIM
SARI NOVIANTY HUNTU / 421409036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
Sari Novianty Huntu. "Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Fluida Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan kognitif siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain dengan yang menggunakan model pembelajaran group investigation. Pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan kognitif siswa dapat dilihat dari ada atau tidaknya perbedaan di kelas yang menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain dengan yang menggunakan model pembelajaran group investigation. Dalam penelitian ini dilibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh kelas VIII di SMP N 1 Sangkub menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel yang penarikan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain Pretest-Posttest Control Group Design. Setelah penelitian dan data telah diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung = 2,252 > ttabel = 2,021, dimana hipotesis satu (H1) diterima. Hal ini menujukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini juga ditunjukkan oleh rata-rata kemajuan kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran predict-observe-explain lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation yaitu ( x1= 33,33 > x2 = 30,51). Dengan demikian penggunaan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain, Kemampuan Kognitif siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011