Penulis / NIM
IRMAWATI I. NUSI / 421409038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
IRMAWATI I.NUSI. 2016. Deskripsi Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di SMP Negeri 1 Tapa. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi S1 Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si dan Pembimbing II Citron S.Payu S.Pd, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sains di SMP Negeri 1 Tapa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan maksud mengetahui deskripsi atau gambaran tentang keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sains. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini dilihat keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu keaktifan bertanya, keaktifan menjawab, keaktifan dalam diskusi, keaktifan mencatat penjelasan guru, dan keaktifan menyimpulkan materi diakhir pembelajaran. Berdasarkan penelitian dari indikator-indikator dapat dilihat bahwa siswa lebih suka bekerja sama dalam kelompok dibandingkan individu. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase keaktifan siswa dalam diskusi sebesar 46.4%. selain itu hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat proses pembelajaransiswa masih ragu-ragu untuk bertanya kepada guru. Hal ini dapat dilihat dari persentase indikator keaktifan bertanya sebesar 15%
Kata kunci : deskripsi, keaktifan siswa, pembelajaran sains
Download berkas