Penulis / NIM
RISKA ABDUL / 421409042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
RISKA ABDUL.“ Kecenderungan dan Faktor-faktor Penggunaan Metode- metode Pembelajaran Guru Fisika” ( Suatu Penelitian Di SMP di Kabupaten Gorontalo Utara). Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang bagaimana kecenderungan dan faktor guru dalam menggunakan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengambil subjek penelitian yaitu guru Fisika di SMP yang tersebar di kabupaten gorontalo utara. Dalam penelitian ini, pada proses pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian dari sekolah yang tersebar di Kabupaten Gorontalo Utara, menggunakan metode ceramah dan bebrapa sekolah diantaranya menggunakan beberapa metode seperti metode ekpsperimen, metode demonstrasi dan metode pemberian tugas. Faktor yang mengharuskan seorang guru memilih metode ceramah, metode demonstrasi dan metode eksperimen yaitu karena di tinjau dari pihak sekolah alat-alat peraga belum tersedia/belum lengkap; Pemilihan metode disesuaikan dengan materi pelajaran; Pemilihan metode disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa karena di berbagai daerah pengetahuan siswa berbeda-beda; dan faktor jumlah siswa dalam kelas.
Kata kunci: Kecenderungan, Metode Pembelajara
Download berkas